Cara mengatur website blog sangat praktis, akan tetapi bisa jadi ribet bagi yang baru belajar. Kali ini Kami coba berbagi tips untuk pemula agar dapat mengatur blog lebih baik dan menarik. Saat mengatur blog Anda, penting untuk memprioritaskan pembuatan dua halaman utama : Tentang dan Kontak. Simak tulisan : Cara mengatur website blog, sampai habis.
Cara mengatur website blog untuk pemula
Perkuat Halaman Tentang / About UsĀ dan Kontak / Hubungi Kami di Website Blog Anda
Halaman Tentang Anda berfungsi sebagai platform untuk menyajikan informasi utama tentang diri Anda. Ambil kesempatan ini untuk menjelaskan siapa Anda, latar belakang profesional Anda, dan tujuan blog Anda. Pertimbangkan untuk memasukkan elemen-elemen berikut ke halaman Tentang Anda :
1. Informasi dasar : Perkenalkan diri Anda secara pribadi dan profesional, dan berikan gambaran umum tentang fokus blog Anda.
2. Kisah Anda : Bagikan pengalaman yang mengarahkan Anda untuk membuat blog dan bagaimana Anda memulai perjalanan ini.
3. Proposisi nilai : Komunikasikan dengan jelas mengapa pembaca harus terlibat dengan blog Anda dan nilai yang dapat mereka peroleh darinya.
4. Prestasi terbaru : Sorot pencapaian penting yang membangun kredibilitas untuk Anda dan blog Anda.
5. Fakta-fakta menyenangkan : Biarkan audiens Anda melihat kepribadian Anda di luar menjadi blogger atau merek.
6. Panduan untuk pengunjung baru : Jika blog Anda mengikuti aliran tertentu, sertakan panggilan ke tindakan ( CTA ) meminta mengarahkan pemirsa pertama kali ke pos yang relevan dan membimbing audiens Anda untuk menjelajah lebih jauh.
Halaman Kontak Anda adalah sarana penting bagi audiens Anda untuk menjangkau Anda. Ini juga berfungsi sebagai saluran bagi klien potensial atau bisnis yang tertarik untuk menyewa layanan Anda. Jika Anda menawarkan layanan tertentu dengan biaya ( lebih lanjut tentang ini nanti ), pastikan perusahaan atau pembeli dapat dengan mudah menghubungi Anda. Pertimbangkan untuk membagi bagian ini menjadi halaman Kontak dan halaman Sewa Saya untuk kejelasan.
Cara membuat blog yang menarik
Optimalkan blog dan website untuk Visibilitas pada Mesin Pencari
Optimasi Mesin Pencari ( SEO ) memainkan peran penting dalam membuat blog Anda dapat ditemukan oleh mesin pencari dan menarik lalu lintas organik. Menerapkan teknik SEO yang disesuaikan dengan blogging dapat membantu mesin pencari mengenali konten Anda dan meningkatkan visibilitas blog Anda.
Pertama, penting untuk diindeks oleh mesin pencari. Beri tahu Google tentang keberadaan blog Anda dengan mengirimkan peta situs Anda melalui Google Search Console. Setelah diindeks, Anda mendapatkan akses ke metrik berharga untuk memantau kinerja blog Anda ( yang dicakup kemudian ).
Selanjutnya, optimalkan posting Anda pada tingkat kata kunci. Manfaatkan sumber daya gratis seperti Google Trends atau Google Keyword Planner untuk mengidentifikasi kata kunci yang sedang tren dengan volume pencarian yang tinggi. Masukkan kata kunci ini ke header Anda, yang menarik perhatian pembaca dan mesin pencari. Jelaskan dengan jelas konten posting blog Anda dalam judul tajuk. Manfaatkan subheader untuk membagi posting blog Anda dan berikan gambaran umum dari setiap bagian.
Terakhir, buat URL ramah-SEO untuk posting blog Anda. URL ini harus berisi kata kunci atau frasa utama yang mencerminkan fokus dan peringkat target blog Anda. Pertimbangkan praktik terbaik ini saat membuat URL yang ramah SEO :
– Jaga agar URL tetap ringkas, lebih disukai kurang dari lima kata.
– Hindari menggunakan angka kecuali diperlukan. Misalnya, jika artikel Anda mencantumkan 10 tempat hiking teratas di Bay Area, kecualikan nomor 10 dari URL Anda.
– Gunakan tanda hubung untuk memisahkan kata-kata, meningkatkan keterbacaan dan menyampaikan topik posting blog di dalam URL.
Sebagai ilustrasi, inilah contoh posting blog berjudul “10 Tempat wisata terbaru di Indonesia.” URL yang tidak efektif adalah:
– www.bloggue.com/tempatwisataterbaru
– www.bloggue.com/wisata-di-indonesia
Alih-alih, pilih URL yang ramah SEO seperti:
– www.myblog.com/tempat-wisata-terbaru-di-indonesia
Cek juga disini : Jasa Digital Marketing Surabaya Sidoarjo
Tetap pada Jadwal yang Konsisten
Konsistensi adalah kunci untuk membangun blog yang sukses. Menerbitkan posting baru secara teratur tidak hanya menarik lebih banyak lalu lintas tetapi juga menunjukkan komitmen Anda untuk menyediakan konten segar. Mesin pencari juga mempertimbangkan frekuensi pembaruan konten saat mengevaluasi situs web. Jadi, berapa banyak konten blog yang harus Anda tuju?
Saat memulai, targetkan 1-2 posting blog per minggu. Ketika Anda menjadi lebih berpengalaman dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang niche dan target audiens Anda, bidik 3-4 posting blog per minggu. Idealnya, bidik setidaknya 12 posting blog per bulan. Meskipun ini mungkin tampak menantang, tetap terorganisir adalah kuncinya.
Untuk tetap di atas pekerjaan Anda, menjaga akuntabilitas dan posting yang konsisten, buat kalender editorial. Di awal setiap bulan, bertukar topik blog dan jadwalkan konten Anda. Tetapkan tujuan realistis untuk menghindari kewalahan diri Anda. Anda dapat menggunakan alat spreadsheet atau kalender online untuk mengatur tanggal penerbitan, status saat ini, judul, dan kata kunci yang relevan.
Cara menghasilkan uang dari internet untuk pemula dari blog
Selain dari penempatan iklan di blog, Anda juga bisa membuka jasa backlink dan review, seperti pernah Kami ulas disini : Cara menambah penghasilan dari Internet
Pantau dan Analisis Metrik Anda
Memantau metrik blog Anda sangat penting untuk pertumbuhan dan memberikan wawasan berharga tentang preferensi audiens Anda. Dengan memahami posting blog mana yang paling banyak mendorong lalu lintas dan beresonansi dengan pembaca Anda, Anda dapat memperbaiki strategi konten Anda. Pada Langkah 3, kami membahas pendaftaran untuk Google Search Console ( GSC ) untuk menempatkan blog Anda di peta. Sekarang, mari kita manfaatkan alat ini untuk melacak metrik dan mendapatkan analisis data yang lebih dalam.
Di dalam GSC, fokuslah pada tab Performance yang terletak di sebelah kiri. Bagian ini memungkinkan Anda untuk mengakses informasi penting, termasuk:
– Total klik: berapa kali pengguna mengklik ke situs Anda.
– Total tayangan: seberapa sering pengguna melihat tautan ke situs Anda dalam hasil pencarian.
– Rata-rata rasio klik-tayang ( CTR ): persentase tayangan yang menghasilkan klik.
– Posisi rata-rata: peringkat khas situs Anda dalam hasil pencarian.
– Pertanyaan teratas: istilah pencarian yang digunakan audiens Anda untuk menemukan situs Anda.
– Halaman atas: posting blog berkinerja terbaik Anda.
– Negara: distribusi geografis audiens Anda.
– Perangkat: apakah pengguna mengakses situs Anda melalui desktop, seluler, atau tablet.
GSC menyediakan banyak data berharga untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang audiens Anda. Dengan informasi ini, Anda dapat membuat lebih banyak konten yang ditargetkan dan mengoptimalkan blog Anda. Sebagai contoh, mari kita pertimbangkan tampilan GSC untuk posting blog kami berjudul “Font Logo Terbaik dan Cara Memilih Sendiri.” Di sini, kami dapat menganalisis kinerjanya dan mengidentifikasi pertanyaan pencarian yang mengarahkan pengguna ke artikel ini.
Dengan secara konsisten melacak metrik Anda, Anda dapat memperbaiki pendekatan Anda, memenuhi minat audiens Anda, dan mendorong kesuksesan blog Anda.